Sekilas Info

bullet Tragis Nasib Seribu Lebih Wisudawan PGRI NTT.      bullet Bella: Soal Expo Alor VIII Berawal dari Catatan Bupati Djobo      bullet Kejari Kalabahi Giatkan Penanganan Dugaan Gratifikasi Bupati Alor      bullet Djahamouw: Tangkap dan Penjarakan Bupati Amon Djobo      bullet Bupati Alor Diduga Lakukan Kejahatan Berjamaah      bullet Fransiskus Sega Di Vonis Lima Tahun Penjara      bullet Sovenir Corner Mendapat Bantuan Dana Rp. 50 Juta      bullet Pemkab Tarik Paksa Mobil Dinas      bullet Kasus Pembunuhan Brigpol Obaja Nakmofa Kembali Di Rekonstruksi      bullet Pemkab Tarik Paksa Mobil Dinas     

Ray : Gerakan Cinta Petani Menuju Pensiun Petani

Herry Battileo | Minggu, 09 Juni 2013 - 10:11:44 WIB | dibaca: 505 pembaca
21pose bersama dandim,pemda dengan warga oekusi.JPG

Kefamenanu. SNTT - Upacara Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 90 Tahun 2013 Tingkat Kabupaten Timor Tengah Utara yang berpusat di Desa Tasinifu Kecamatan Mutis, dalam amanatnya, menyampaikan profisiat dan penghargaan yang tulus kepada pimpinan dan seluruh anggota TNI yang bernaung dibawah KODIM 1618/TTU serta semua pihak, seluruh rangkaian kegiatan TMMD ke ‚Äď 90 tahun 2013 dari awal sampai selesai di wilayah Tasinifu daerah perbatasan NKRI - RDTL - Districk Occusse berjalan sesuai dengan rencana.
 
Disampaikan, salah satu tantangan dalam pembangunan di Kabupaten TTU, masih banyaknya jumlah wilayah pedesaan relative kurang berkembang (tertinggal) dalam berbagai aspek. Semisalnya, perekonomian masyarakat, tingkat pendidikan dan kesehatan, sarana infrastruktur transportasi, komunikasi, air bersih dan penerangan listrik. Wilayah atau desa - desa tersebut pada umumnya masih belum banyak tersentuh oleh program - program pembangunan, sehingga akses terhadap pelayanan sosial, pendidikan, kesehatan dan ekonomi pun masih sangat terbatas.
 
Melihat lambannya arus pembangunan di Kab. TTU. Pemerintah dan Pemerintah daerah Kabupaten TTU tengah berupaya untuk mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat pedesaan yang lebih pro - aktif, dinamis dan partisipatif dalam setiap tahapan pembangunan, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pemanfaatan dan pemeliharaan hasil - hasil pembangunan. Mendorong pemberdayaan perekonomian masyarakat desa agar lebih berdaya, mandiri, memiliki kemampuan penguasaan teknologi dan inovasi teknologi tepat guna, kemudahan mendapatkan akses permodalan dan akses pemasaran yang lancar. Pemberdayaan perekonomian masyarakat desa diperlukan untuk meningkatkan aktivitas dan kemajuan perekonomian masyarakat, perluasan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha, dengan tujuan mengurangi pengangguran dan pengentasan kemiskinan. Salah satu upaya mewujudkan pemberdayaan perekonomian masyarakat desa adalah melalui program pengembangan pertanian yang dibingkai dengan Gerakan Cinta Petani Menuju Pensiun Petani, bertumpu pada pemanfaatan dan pengelolaan potensi sumber daya alam setempat secara optimal.
 
Mendorong pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan infrastrukur wilayah / desa meliputi pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan untuk membuka akses desa - desa yang masih terisolir, sarana komunikasi, sarana energy listrik, sarana air bersih, sarana pendidikan dan sarana kesehatan. Oleh karenanya, kegiatanTMMD ini, hemat saya, selain merupakan salah satu wujud kemitraan antara Pemerintah Daerah dengan TNI terhadap pembangunan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara, TMMD ini juga sekaligus merupakan kesempatan yang baik bagi TNI untuk membuktikan jati dirinya sebagai tentara yang lahir dari pangkuan rakyat dalam kancah perjuangan menegakan kedalautan bangsa dan negara. Dengan Jati diri yang demikian, tentu mengharuskan TNI untuk ikut mengambil bagian secara nyata dalam berbagai upaya pembangunan yang bertujuan meningkatkan harkat dan martabat masyarakat.
 
Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes, S.Pt, mengajak seluruh anggota TNI di daerah tasinifu untuk sependapat mungkin terus menyumbangkan pikiran, tenaga dan keterampilan yang dimiliki bagi kepentingan rakyat yang masih tertinggal di daerah ini. Mari kita bersama - sama komponen masyarakat lainnya, berjuang memerangi kemiskinan dan ketertinggalan yang ada, karena kemiskinan merupakani ancaman bagi stabilitas sosial, politik, pemerintahan dan pertahanan serta keamanan. Sementara Dandim 1618 TTU. Letkol.Arm. Eusebio Hornai Rebelo, mengatakan kegiatan TMMD ke 90 tahun 2013 yang berpusat di desa Tasinifu Kecamatan Mutis Kabupaten TTU merupakan kegiatan motivasi kepada masyarakat agar dalam membangun, berupaya meningkatkan perekonomian rakyat harus berpegang pada Gotong Royong. Didalam Gotong royong kita pasti selalu bekerjasama  untuk mencapai tujuan, didalam kerjasama kita akan saling bahu membahu menjaga keharmonisan dalam hubungan social.
 
Disamping itu, Letkol. Arm. Eusebio Hornai Rebelo juga menghimbau kepada masyarakat yang berada tepat di wilayah perbatasan NKRI - RDTL (District Occusse) agar selalu turut membantu TNI dalam menjaga hubungan baik dengan Negara Tetangga, selalu menciptakan suasana keamanan dan kedamaian penuh rasa tali persaudaraan. Lanjut Dandim 1618 TTU. Letkol. Arm. Eusebio Hornai Rebelo, untuk meningkat dan menjaga hubungan kekeluargaan, kebudayaan, TNI dan Pemerintah setempat mengundang Negara Tetangga (District Occuse) yang berdomisili juga disepanjang wilayah perbatasan semisalnya Bobkasen, Pasabe - Oekusi. kehadiran mereka diterima penuh rasa persaudaraan. Diharapkan pula agar hubungan baik ini tidak hanya sebatas serimonial tapi melekat dalam pelaksanaan perilaku social yang menjunjung tinggi nilai - nilai luhur yang terpatri sejak dahulu. Ako uskono.



berita_terkait